World Oral Health Day 2015

IMG_7412 Jumat (20/3), Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day) yang jatuh setiap tanggal 20 Maret, ratusan murid Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego, Maguwoharjo, Depok, Sleman menggosok sikat gigi bersama.

Acara yang berlangsung di MI Ma’arif Bego, Jumat (20/3/2015), dilaksanakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sleman dan didukung oleh PT. Unilever Indonesia.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala MI Ma’arif Bego yang diwakili Pengurus Yayasan Ponpes Diponegoro H.Saliman,S.Ag. Pada kesempatan itu, H.Saliman,S.Ag memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini, menurut beliau, sangat bermanfaat, khususnya bagi anak-anak madrasah yang masih kurang pemahaman tentang tata cara merawat serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, juga sangat relevan dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas berupa pemeriksaan dan pengobatan, dengan menitikberatkan pada upaya pencegahan terhadap penyakit.

Menurutnya, kegiatan seperti ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sejak dini sehingga membiasakan pola hidup sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat harus kita masyarakatkan, agar benar-benar menjadi budaya Bangsa Indonesia, khususnya di lingkungan Kelurahan Maguwoharjo.

“Ini sangat baik sekali. Saya berharap ini terus berlanjut, karena di samping mengajarkan pola hidup sehat sejak dini. Acara seperti ini menjadi spirit tersendiri bagi anak-anak kecil juga masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, drg Pipit (Puskesmas Depok 1 Sleman) menjelaskan, betapa pentingnya bagi siswa untuk mengetahui kesehatan gigi, yaitu dengan menyikat gigi secara benar. Dalam menyikat gigi harus dilakukan minimal dua kali sehari. Sakit gigi akan berdampak buruk bagi anak-anak. Pasalnya, akan mengganggu tumbuh kembang mereka.

Sebelum digelarnya acara sikat gigi massal, dicanangkan pula pelaksanaan sikat gigi selama 21 hari. Pencanangan itu ditandai dengan pengucapan Ikrar Dokter Gigi Kecil dan mengangkat sikat gigi yang dipegang dengan tangan kanan.

Setelah melakukan sikat gigi masal (SGM) juga dilaksanakan pengecekan kesehatan gigi oleh kurang lebih 45 orang dokter gigi. Pengecekan dilakukan di kelas masing-masing dengan mengecek karies yang terdapat di gigi. Dengan pemeriksaan tersebut siswa yang terdapat kariesnya untuk melakukan perawatan lebih lanjut dan dianjurkan untuk mencabut gigi yang rusak supaya tidak merusak gigi yang masih sehat. Sesuai dengan perkiraan terdapat beberapa siswa yang memiliki karies gigi dan harus dicabut.

IMG_7371

IMG_7408

IMG_7380

IKRAR SIKAT GIGI

AKU BERJANJI,

UNTUK MENYIKAT GIGI,

PAGI DAN MALAM HARI SEBELUM TIDUR

AKU BERJANJI,

UNTUK MENGAJAK ORANGTUAKU,

UNTUK MENYIKAT GIGI,

PAGI DAN MALAM HARI SEBELUM TIDUR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s